1. Pengertian dan karakteristik Inovasi Pendidikan

Pengertian : perubahan atau pembaharuan yang terjadi baik dalam bentuk pemikiran/ide kegiatan, atau bentuk produk dalam upaya memperbaiki pendidikan agar dapat meningkatkan kemampuan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien

Karakteristik :

-          Baru, berbeda dari hal atau keadaan sebelumnya

-          Kualitatif, peningkatan nilai guna dan nilai tambah pada peningkatan mutu

-          Hal, mencangkup berbagai komponen dan aspek dalam pendidik baik berupa ide, kegiatan/praktek kerja, dan hail produksi

-          Unsur kesengajaan, dilaksanakan secara terencana

-          Meningkatkan kemampuan, meningkatkan kemampuan berbagai sumber masukan yang ada dalam pendidikan yang meliputi unsur manusia, kemampuan dana, sarana dan prasarana

-          Tujuan, mempunyai kejelasan sasaran dan hasilnya

  1. Alasan atau masalah yang menuntut Perlunya Inovasi Pendidikan

1. Alasan Ilmiah, berdasarkan kondisi atau kenyataan empiris dilapangan.

2. Alasan Yuridis, permasalahan yang bersifat legal yang tercermin dalam GBHN yang menuntut adanya pembaharuan bidang pendidikan sehubungan dengan tujuan pendidikan, peningkatan mutu pendidikan, perlauasan kesempatan belajar sampai sekolah tingkat menenngah pertama, keserasian antara dunia pendidikan dengan dunia usaha dan pada semua aspek.

Masalah pendidikan :

-          pemerataan,

-          mutu,

-          efektifitas dan

-          relevansi

-          efisiensi

  1. Faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi pendidikan

1. Faktor yang ada dalam sistem pendidikan, berupa kelemahan atau kekurangan dalam hal : perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, penelitian, dan pengelolaan pendidikan yang mengakibatkan penyelenggaraan pendidikan krang relevan, baik dengan kebutuhan masyarakat, kebutuhan dan perkembangan anak didik, serta kebutuhan pembangunan pada umumnya.

2. Faktor yang ada di luar sistem pendidikan :

  • ekspoitasi penduduk yang besar menuntut layanan pendidikan yang banyak
  • meningkatnya aspirasi masyarakat terhadap pendidikan
  • tingginya angka keterlantaran pendidikan
  • belum tingginya kesadaran dalam masyrakat dalam melaksanakan perubahan yang sesuai dengan kebutuhan zaman
  • pesatnya perkembangan IPTEK menuntut dasar pendidikan yang kokoh serta peningkatan kemampuan secara terus menerus
  • terbatasnya sumber pendukung terlaksananya pendidikan secara efktif dan efisien

  1. Ruang Lingkup inovasi Pendidikan
    1. bidang peserta didik, pengelompokan dalam proses pembelajaran dengan segala gambaran karakteristiknya
    2. bidang tujuan pendidikan, menyangkut kapasitas pribadi, sosial, ekonomis, tingkat dan jenis pengajaran, cara dan sarana untuk merumuskan tujuan
    3. isi pelajaran, menurut jenisnya, efek/dampak, kapasitas anak didik, bidang dan struktur ilmu pengetahuan, manfaat, kemampuan mental, dan derjat spesialisasi
    4. media pembelajaran,
    5. fasilitas pendidikan, perabot/perlengkapan yang mendukung pelaksanaan pendidikan
    6. metode dan tekhnik komunikasi, interaksi langsung dan tak langsung
    7. hasil pendidikan,
  1. Jenis-jenis inovasi pendidikan
  • menurut objeknya :
  1. dalam jenis hubungan antara orang (personal relationship), misal pembaharuan dalam peranan guru yang berdasarkan kumpulan informasi, bukan berdasarkan selera perorangan
  2. dalam jenis software (piranti lunak), misal mengenai tujuan dan struktur kurikulum
  3. dalam jenis hardware, misal perubahan dan bentuk ruang kelas karena terjadi perubahan dalam peran guru, tekhnik penyampaian yang menuntut perubahan hardware
  • menurut derajatnya :
  1. dalam orientasi pendidikan,
  2. operasi tata laksana (manajemen),
  3. tugas dan fungsi personal,
  4. jenis keahlian
  • menurut sifatnya :
  1. bersifat penggantian,
  2. perubahan,
  3. penambahan,
  4. penyusunan kembali,
  5. penghapusan dan penguatan.
  1. Tujuan Inovasi Pendidikan dan cara-cara pencapaiannya

# pembaharuan pendidikan, sebagai jawaban dari permasalhan pendidkan, seperti:

  1. peningkatan pemerataan/perluasan kesempatan memperoleh dan menikmati pendidikan sesuai dengan kemauan, kemampuan dan potensi yang dimiliki (menuju konsepsi pendidikan yang lebih demokratis)
  2. dapat mengambangkan segenap potensi manusia tidak hanya aspek intelektual saja, tetapi juga mencangkup seluruh aspek kepribadiannya secara bulat
  3. bergerak dari konsepsi pendidikan yang bersifat individual menuju ke arah konsepsi yang lebih kooperatif; dari konsepsi yang boros menjadi konsepsi pendidikan yang lebih efektif, efisien dan relevan dengan kebutuhan pembangunan

# upaya untuk mengembangkan pendekatan yang lebih efektif dan ekonomis

  1. Peran Guru dalam Inovasi Pendidikan
    1. guru bersikap terbuka dan peka terhadap perubahan dan pembaharuan

guru harus senantiasa bersikap terbuka terhadap berbagai aspirasi atau kritikan yang muncul dari mana pun datangnya. Dan guru dituntut agar selalu siap mendiskusikannya dengan rekan sejawat, murid, wali murid, atau masyarakat yang peduli terhadap kemajuan pendidikan.

  1. guru sebagai agen pembaharuan dalam inovasi pendidikan

guru mempengaruhi keputusan para sasaran inovasi, pemberi kemudahan pada lancarnya arus inovasi.

Guru dapat melakukan : pemberi informasi, mempercepat terjadinya difusi inovasi, sebagai komunikator antar subsistem dalam masyarakat, berusaha mengkaitkan sitem yang satu dengan sistem yang lain.

  1. guru sebagai adopter/penerima inovasi pendidikan

lima kategori adopter menurut rogers :

a)      inovator; meneliti dan mencoba tiap gagasan baru

b)      pelopor; meneliti dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan gagasan baru tersebut

c)      pengikut awal; memiliki beberapa pertimbangan dalam menerima gagasan baru, menerima ide setelah beberapa saat anggota sistem sosial menerima ide

d)      pengikut akhir; menerima ide setelah beberapa anggota sistem masyarakat menerima ide, biasanya keputusan menerima dilakukan karena kepentingan ekonomi atau takanan sosial

e)      legard/kolot/tradisional; orang yang terakhir menerima suatu gagasan, memiliki pandangan dan wawasan paling sempit dan biasanya referensinya adalah masa lalu.

NB :  INOVASI PENDIDIKAN harus memperhatikan link and macth (keterkaitan dan kesesuaian) antara pendidikan dan pembangunan, khususnya dengan dunia kerja/usaha/industri dan pengembangan moral manusia

Contoh Pelaksanaan Inovasi Pendidikan :

  1. Proyek Perintis Sekolah Pembangunan (PPSP)
  2. Pengajaran dengan sitem modul
  3. Proyek Pamong
  4. SMP Terbuka
  5. Kuliah Kerja Nyata (KKN)
  6. Radio Pendidikan
  7. Televisi Pendidikan
  8. Sekolah Unggulan
About these ads