A. Pengertian Pendidikan

²  Hakekat pendidikan :

pembentukan kepribadian peserta didik seutuhnya

²  Hakekat Ilmu Pendidikan :

perangkat teori, konsep dan prinsip yang sistematis & relevan untuk dapat menjelaskan, meramalkan dan mengendalikan fenomena serta memecahkan berbagai permasalahan yang timbul dalam dunia pendidikan

²    Esensi pendidikan :

nilai-nilai pedagogis yang merupakan sifat-sifat dasar yang dibutuhkan dalam proses membangun kepribadian peserta didik baik sebagai dampak langsung pembelajaran maupun dampak iringan

²  Esensi Ilmu Pendidikan:

terimplikasi  teori, konsep & prinsip pedagogik secara tepat sehingga tujuan-tujuan pendidikan dapat diwujudkan sesuai harapan

²  Pendidikan :

usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan (SQ), pengendalian diri (EQ), kepribadian, kecerdasan (IQ), akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

²  Ilmu Pendidikan

Mempelajari suasana dan proses-proses pendidikan, serta masalah-masalh yang timbul dalam praktik pendidikan.

# beberapa pengertian dasar yang perlu dipahami dalam Pendidikan:

 

  1. Pendidikan merupakan proses terhadap anak didik yang berlangsung terus sampai anak didik mencapai pribadi dewasa susila.
  2. Pendidikan merupakan perbuatan manusia. Interaksi antara orang dewasa ke orang yang belum dewasa.
  3. Pendidikan merupakan hubungan pribadi antara pendidik dan anak didik yang menciptakan kewibawaan pendidik yang diakui oleh anak didik
  4. Tindakan mendidik mempunyai tujuan yang akan di capai sehingga menghasilkan perubahan pada anak didik.

 

²  Fungsi Pendidikan

1.      Sebagai proses Transformasi Budaya

2.      Sebagai proses Pembentukan Pribadi

3.      Sebagai proses Penyiapan Warga Negara

4.      Sebagai proses Penyiapan Tenaga Kerja